Saturday, August 4, 2012

Jual Beli Salam



Menjual barang yang  tidak ada lagi, tetapi melalui pesanan(order dahulu), ini adalah HUKUMNYA HARUS. Jenis jual beli ini dipanggil jual beli SALAM.


Ada 2 pendapat tentang jual beli SALAM:

1)      Qoul mu’tamad mengatakan jika seseorang itu membuat pesanan(jual beli salam), tetapi tidak mengatakan lafaz jual beli salam atau salaf di dalam akad jual beli seperti seseorang itu mengatakan, ‘aku jual barang ini dengan jual beli salam’ dan hanya mengatakan ‘aku jual barang’ (tidak ada lafaz salam atau salaf), maka ini TIDAK JATUH di dalam bab jual beli salam, hanya JATUH jual beli biasa.

2)      Qoul dhoif mengatakan jika seseorang itu membuat pesanan(jual beli salam), tetapi tidak mengatakan lafaz jual beli salam atau salaf di dalam akad jual beli seperti seseorang itu mengatakan, ‘aku jual barang ini dengan jual beli salam’ dan hanya mengatakan ‘aku jual barang’ (tidak ada lafaz salam atau salaf), maka ini JATUH di dalam bab jual beli salam.

Syarat jua beli salam ialah :

1)      Kena bayar dahulu. Kalau tidak bayar dahulu, maka tidak jatuh pada hokum jual beli salam, hanya jatuh jual beli biasa.




No comments:

Post a Comment